Profil UPT Perpustakaan Unisnu Jepara

UPT Perpustakaan Unisnu Jepara merupakan perpustakaan gabungan dari 3 (tiga) institusi awal pembentuk Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara yakni Institut Islam Nahdlatul Ulama (Inisnu) Jepara, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Islam Nahdlatul Ulama (STIENU) Jepara, dan sekolah Tinggi Teknologi dan Desain Nahdlatul Ulama (STTDNU) Jepara. Yang masing-masing institusi sudah mempunyai UPT Perpustakaan. UPT Perpustakaan Unisnu Jepara berdiri dan berkembang menaungi Fakultas Syariah, Dakwah, Tarbiyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Sains dan Teknologi. Selain kelima fakultas tersebut, UPT Perpustakaan juga mencakup Prodi Pasca Sarjana.

Kepala UPT Perpustakaan Pusat bertanggung jawab secara langsung kepada Rektor, melalui Wakil Rektor I (Bidang Akademik) dan berfungsi sebagai koordinator perpustakaan-perpustakaan fakultas. Untuk mendukung program Unisnu Jepara menuju Universitas yang cendikia dan berakhlakul karimah, strategi yang ditempuh antara lain adalah :
  1. Meningkatkan koleksi buku, jurnal, dan majalah ilmiah
  2. Membentuk otomasi dan sistem perpustakaan
  3. Kerjasama dengan Perpustakaan Perguruan Tinggi
 

Perpustakaan Unisnu Jepara salah satu unit pendukung utama kegiatan akademik (pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat). Sebagai unit pendukung pengajaran dan penelitian perpustakaan Unisnu terus berusaha mengembangkan diri dengan menambah koleksi-koleksi terbaru, mengembangkan sistem, serta memberikan layanan prima kepada civitas akademika.

Prinsip utama perpustakaan Unisnu Jepara adalah bahwa perpustakaan merupakan tempat menggali pengetahuan dan menambang ilmu yang akhirnya dipancarkan bagi kemanusiaan. Perpustakaan Unisnu Jepara merupakan sarana pendukung utama untuk olah pikir, olah rasa, dengan demikian Perpustakaan Unisnu lebih fokus pada pengelolaan aktivitas-aktivitas yang mendukung pengembangan kualitas manusia melalui pendidikan dan penelitian dari seluruh pengguna dari disiplin ilmu ekonomi, teknik serta agama.

Perpustakaan Unisnu Jepara telah mengalami beberapa pergantian kepemimpinan, yakni :
  1. 2013 - 2015                              Hj. Nurul Komariyatin, SE, M.Si
 
  1. 2015 - Sekarang                      Suyanto, S.Pd, MM