FPPTI Jawa Tengah (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia)

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia FPPTI merupakan wadah bagi perpustakaan perguruan tinggi seluruh Indonesia, baik negeri maupun swasta. FPPTI bermula dari pemikiran Perpustakaan Nasional RI tentang format pembinaan Perpustakaan-perpustakaan Perguruan Tinggi yang disampaikan pada rapat kepala perpustakaan PTN dan PTS se Jawa pada tanggal 19-30 September 1999. Sehingga pada tanggal 12 Oktober 2000 dibentuklah Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi atau FPPTI.
Kepengurusan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia ini terdiri atas Pengurus Pusat untuk FPPT Pusat dan Pengurus Daerah untuk FPPT Propinsi.
Profil dari perpustakaan yang bergabung dalam FPPTI, khususnya FPPTI Jawa Tengah merupakan seluruh Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, Politeknik, dan Perguruan Tinggi lain yang sederajat baik negeri maupun swasta yang ada di Jawa Tengah.
FPPTI Jawa Tengah sendiri diharapkan mampu meningkatkan profesi Sumber Daya Manusia Perpustakaan, kerjasama perpustakaan antar perguruan tinggi, dan meningkatkan peran perpustakaan perguruan tinggi dalam menunjang Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya di Jawa Tengah. FPPTI Jateng yang bersekretariat di Perpustakaan Unika Soegijapranata, Jl. Pawiyatan Luhur IV/1 Semarang 50234.
 
Bentuk-bentuk kerjasama yang dilakukan dalam Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) dengan Perpustakaan Unisnu antara lain:
1. Kerjasama Silang Layan
    Kerjasama silang layan ini pemustaka/pemakai dapat mengakses informasidari seluruh perpustakaan yang ikut kerjasama di FPPTI, dengan kartu Super (sarana untuk 
    ke perpustakaan) pemustaka akan dipermudah ketika ingin mengakses perpustakaan lain
2. Kerjasama Pendidikan dan Pelatihan
    Kerjasama pendidikan dan pelatihan yang telah dilakukan adalah seminar dan pelatihan tentang kepustakawanan
3. Kerjasama Antar Pustakawan
    Kerjasama ini berupa pertemuan dan rapat kerja yang dilakukan secara berkala