Binar dari Seminar

Binar dari Seminar

Jepara, 1 Agustus 2018 bertempat di ruang Seminar Gedung Pasca Sarjana UNISNU Jepara, acara seminar dan workshop perpustakaan dengan tema “Mengembangkan Jejaring Gerakan Literasi dan Inovasi Perpustakaan di Era Teknologi Informasi (sinau bareng SLIMS)”. Acara yang dilaksanakan oleh UPT Perpustakaan UNISNU Jepara, juga dalam rangka Harlah ke-27 UNISNU Jepara.

Acara yang dimulai pukul 08:00 WIB, diikuti oleh Pengelola/Pustakawan SMA Sederajat Se-Kabupaten Jepara ini dibuka oleh Ketua Panitia sekaligus Ka. UPT Perpustakaan yaitu H. Suyanto, S.Pd., M.M dan selanjutnya sebagai Keynote Speaker dalam acara seminar tersebut adalah Rektor UNISNU Jepara Dr. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag.

Setelah rangkaian acara pembukaan tersebut, yang ditunggu adalah inti acara yaitu Seminar Perpustakaan dengan Pemateri Ketua FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) Jawa Tengah yaitu Wiji Suwarno, S.Pd.I., S.Ip.I., M.Hum yang berbicara panjang lebar mengenai pentingnya perpustakaan lingkungan pendidikan, utamanya lembaga formal misal Sekolah di Era teknologi dan informasi.

Materi yang disampaikan Pemateri ditanggapi dengan penuh antusias oleh para peserta Seminar. Ada komunikasi dua arah dari pemateri dan peserta menjadikan seminar menjadi sangat hidup dan hangat. Kemudian yang aktif bertanya berkesempatan mendapat buku karangan  Wiji Suwarno, S.Pd.I., S.Ip.I., M.Hum yang berjudul “Organisasi Informasi Perpustakaan”.

 

Sedangkan di sesi selanjutnya, workshop yang dipandu trainer Juara 1 Nasional  Pengelola Perpustakaan Sekolah tahun 2016 yaitu Abdul Wahid Aziz, A.Md. para peserta dipandu untuk bagaimana cara instalasi sampai dengan tahap menjalankan aplikasi SLIMS untuk urusan sistem perpustakaan. Praktek langsung membuat para peserta Nampak antusias dan tertarik mengikuti setiap jengkal jalannya materi yang diberikan.

Sekitar jam 14:00 WIB acara yang terkahir yaitu workshop selesai dan berjalan lancar sesuai jadwal.  Kemudian acara tersebut ditutup oleh Wakil Rektor 1 Drs. H. Akhirin, M.Ag. Dan diharapakan apa yang didapatkan dari Seminar dan Workshop tersebut dapat diaplikasikan dari peserta untuk lembaga mereka sendiri. Dari rangkaian acara tersebut juga  sebagai Media dalam menjalin komunikasi dengan Lingkungan Sekolah di Kabupaten Jepara, utamanya untuk SMA Sederajat. Dengan sambutan positif dari pihak-pihak sekolah di Lingkungan Kabupaten Jepara pada umumnya. [Muhammad Bahrul Ulum]